Kamis, 01 Maret 2012

Edit Foto ala Fotografer

Tips Mengedit Foto
FOTOGRAFI adalah suatu hobi yang menyenangkan dan bahkan ada beberapa kalangan menjadikan fotografi sebagai suatu pekerjaan.
Apapun kameranya, berapa pun harga kamera, apapun mereknya, apapun lensa nya, semuanya akan kembali kepada skill dan imajinasi pemilik kamera dan bagaimana dia mengolah hasil akhir pada sebuah foto.
Sekarang ini banyak software-software editing foto yang dapat digunakan. Yang paling populer dan layak dijadikan standar internasional yaitu keluaran dari perusahaan raksasa Adobe yang mengeluarkan produk Adobe Photoshop.

Akan tetapi editing foto tidak hanya terpaku pada Adobe Photoshop. Masih banyak software-software lain yang juga sangat user friendly.
Berikut bahasan sedikit tutorial dalam editing foto. Software yang digunakan adalah Adobe Lightroom. Trik editan seperti ini biasanya digunakan untuk foto kategori model. Terutama sesi foto outdoor yang background-nya bernuansa hijau seperti di hutan atau taman-taman.
Trik ini adalah bagian dari eksperimen dalam mengolah warna pada foto. Dan akan dimulai dengan menjelaskan bagaimana membuat colortone.
1. Dari file master-nya diolah sedemikian rupa di software pengolah RAW.
2. Tarik foto tadi yang telah diubah menjadi kuning dengan sedikit nuansa orange tadi ke Adobe          Lightrom. Posisi semula ada di “library”, kemudian klik “develop” untuk memulai editing.
3. Pada bagian “develop”, pilihlah pengaturan “hsl/color/grayscale”, kemudian pilih pengaturan “saturation”. Lalu geser kadar orange dan yellow ke arah kiri secukupnya.
4. Setelah dirasa cukup, masuk ke pengaturan “basic”. Pada pengaturan ini dapat dilakukan menaikkan exposure, black, contrast, dan lain-lain dengan kadar secukupnya.
5. Tahap terakhir ini yaitu memberi efek vignet untuk menggelapkan sudut-sudut frame agar terlihat lebih berdimensi.
Trik seperti ini tidak bisa dipaksakan dilakukan ke semua foto. Semua tergantung dari kualitas foto, background foto dan pencahayaan pada foto. (wiwit fatonatul hidayah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar